Cara Melamar Kerja Lewat Email dan Contohnya
Baik, pada kesempatan ini kami akan menginformasikan artikel mengenai cara melamar kerja melalui Email dan contoh seperti dilansir dari berbagai sumber. Silahkan simak informasi selengkapnya berikut ini.
Cara Melamar Kerja Lewat Email:
• Menggunakan Email atas Nama Sendiri
Contohnya:
Nama lengkap: Agus Maulana
Alamat email yang harus dihindari: A9u56_Suti789@gmail.com
Alamat email yang bisa digunakan: Agusmaulana@gmail.com
• Menyiapkan Dokumen Penting
Biasanya tidak semua perusahaan mewajibkan untuk langsung mengirimkan dokumen seperti ijazah, fotokopi KTP, pasfoto dan lainnya melalui email lamaran kerja.
Ada dua dokumen yang hampir selalu diminta oleh perusahaan adalah CV (Curriculum Vitae) dan juga cover letter.
Namun, apabila perusahaan mengharuskan untuk melampirkan semua berkas tersebut, usahakan untuk menggabungkan semuanya menjadi satu rangkap yang rapi.
Selain itu, sama halnya seperti alamat email, pastikan kamu menamai file secara profesional dengan format yang diminta oleh rekruter.
Sebagai contoh, kamu bisa ikuti cara penulisan file lamaran di email yang benar berikut ini:
“(Nama)-Curriculum Vitae.pdf”
dan juga “(nama)-Cover Letter.doc”.
• Menggunakan File, Ukuran dan Format yang Diminta oleh Rekruter
Umumnya, format file yang diminta peluk perusahaan adalah adalah format .pdf, .doc, atau .jpeg. Maka dari itu, jangan sampai kamu menggunakan format zip atau rar.
• Menggunakan Subject yang Jelas
Jika tidak ada arahan, penulisan subject saat melamar pekerjaan lewat email umumnya cukup “Lamaran kerja-(nama-posisi)”.
Selain itu, kamu juga bisa menambahkan nama lengkap di depan pemaparan subject. Berikut contohnya:
Agus Maulana - Lamaran Kerja - Salesman
Lamaran Kerja - Agus Maulana - Salesman
Contoh Lamaran Kerja Via Email:
Yth. Pak/Bu (nama rekruter)
Perkenalkan saya,
Nama: Agus Maulana
Umur: 20 Tahun
Jenis kelamin: Laki-laki
Pendidikan terakhir: SLTA
No. Telepon: 085798777680
Bersama dengan ini, saya hendak melamar pekerjaan untuk posisi Salesman di (nama perusahaan yang dilamar). Sebelumnya, saya memiliki pengalaman kerja sebagai (Kasir) selama 1 tahun di (nama perusahaan sebelumnya).
Saya memiliki kemampuan (kemampuan utama yang diinginkan perusahaan), termasuk juga kemampuan dalam bidang (kemampuan yang berkaitan dengan bidang pekerjaan). Selain itu, saya juga memiliki sertifikasi dan penghargaan dalam (bidang yang berkaitan dengan pekerjaan).
Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan dokumen sesuai dengan ketentuan rekrutmen:
1. Scan Ijazah Terakhir
2. Pas Foto Terbaru
3. Scan KTP
4. CV
5. Daftar Riwayat Hidup
Demikian surat lamaran ini saya buat. Dengan lamaran ini, saya berharap bisa menjadi bagian dari (nama perusahaan yang dilamar).
Terima kasih atas perhatian dan waktunya.
Salam,
(Agus Maulana)
Demikian itulah informasi mengenai cara melamar lewat email sekian dan semoga bermanfaat.
Post a Comment for "Cara Melamar Kerja Lewat Email dan Contohnya"